6 Lagu Banjar Paling Terkenal

Lagu Paris Barantai
74

Lagu Banjar  – Semua masyarakat Indonesia harus mempelajari lagu dari seluruh nusantara sebagai bentuk rasa cinta pada kesenian milik ibu pertiwi.

Oleh sebab itu perlu kiranya dijelaskan tentang lagu Banjar yang paling terkenal supaya masyarakat bisa mengenalnya sekaligus untuk mempelajari dan menghafalnya.

Nah di bawah ini akan dijelaskan beberapa lagu Banjar yang populer hingga beberapa di antaranya dijadikan sebagai lagu di sekolah.

Untuk itu silakan disimak saja dan semoga bisa menjadi informasi bagi Anda yang ingin mengenal kreasi seni Indonesia yang luar biasa dan ini ulasannya:

1. Lagu Sapu Tangan Babuncu Ampat

Lagu Sapu Tangan Babuncu Ampat
Lagu Sapu Tangan Babuncu Ampat

Lagu Sapu Tangan Babuncu Ampat merupakan lagu asli Banjar yang paling digemari sampai saat ini dan masih terus dinyanyikan oleh generasi muda di sana.

Lagu yang seluruhnya menggunakan lirik berbahasa Banjar ini mengusung makna yang sangat luhur yaitu untuk memotivasi masyarakat agar memiliki sifat tidak kenal menyerah.

Di dalam sebagian lirik lagu Sapu Tangan Babuncu Ampat juga menyiratkan harapan kepada manusia untuk tidak menyakiti orang lain serta harus senantiasa berkelakuan baik terhadap sesama.

Bahkan jika pun ada perasaan marah di hati semua manusia hendaknya harus menghadapi dengan kepala dingin serta harus saling memaafkan satu sama lain. Ini dia liriknya:

Sapu tangan babuncu ampat

Bapuncunya di makan api

di makan api

tambang bamban jangan diparit

diparit buang ka sumur

Buang ka sumur

Luka nang di tangan kawa dibabat

Luka nang di hati hancur sekali

2. Lagu Anak Pipit

Lagu Anak Pipit
Lagu Anak Pipit

Sesuai dengan judulnya lagu Anak Pipit merupakan lagu yang esensi maknanya tentang dunia binatang tepatnya dunia burung.

Lagu ini diciptakan oleh Hamiedan AC dengan sangat liris demi untuk mengajarkan kepada masyarakat kalau hewan pun perlu dikasihani dan disayangi.

Lagu yang mengisahkan tentang seekor anak burung pipit yang malang karena hidup seorang diri.

Di sini batin manusia diulek untuk melahirkan perasaan simpati kepada seluruh mahluk yang merupakan anugerah dari tuhan yang harus disyukuri bukan justru disakiti seperti diburu atau dipelihara di kandang dan tidak diberi makan. Ini dia liriknya:

Anak pipit gugur matan di sarang

Ka tanah di sala rapun saray

Umay umay kada pang sampai hati

Melihat anak pipit kan cilaka

Kasihani anak pipit ambili anak pipit

Jangan biarkan anak pipit dalam sengsara

3. Lagu Paris Barantai

Lagu Paris Barantai
Lagu Paris Barantai

Lagu Banjar yang cukup keren berikutnya adalah Paris Barantai yang diciptakan oleh seniman terkemuka Kalimantan Selatan yaitu Alm Hj Anang Ardiansyah.

Lagu ini cukup populer di masanya bahkan sering dilantunkan pada acara-acara nikahan.

Lagu yang kembali dipopulerkan oleh grup Pandaz ini memiliki aransemen musik yang kocak dan mendayu-dayu sehingga siapapun yang mendengarkannya pasti ingin menari mengikuti irama. Ini dia liriknya:

Kota baru gunungnya bamega

Bamega umbak manampur disala karang

Umbak manampur disala karang

Batamu lawanlah adinda

Adinda iman didada rasa malayang

Iman didada rasa malayang

4. Lagu Baras Kuning

Lagu Baras Kuning
Lagu Baras Kuning

Baras Kuning juga lagu Banjar yang paling terkenal yang harus diajarkan kepada generasi muda bangsa supaya mereka lebih cinta budayanya sendiri daripada budaya asing.

Apalagi setiap kebudayaan Indonesia memiliki nilai luhur tersendiri yang bisa menunjang karakter positif seluruh kawula muda.

Lagu Baras Kuning diciptakan oleh Rasni/Dino yang berisi motivasi untuk selalu sabar sekalipun sedang mengalami sakit hati.

Hidup harus bangkit dari keterpurukan dan mencoba untuk senantiasa melihat ke depan. Ini dia liriknya:

Yu ka, bulik pang damini, bulik pang damini

Ulun basakit hati,

pian nang ulun tangisi,

kada sakira diri ulun marista,

Pian datang, ulun sambut lawan mayang

Ulun hamburi baras, si Baras Kuning

Kur sumangat, di muhara lawang

5. Lagu Kambang Goyang

Lagu Kambang Goyang
Lagu Kambang Goyang

Anang Ardiansyah benar-benar maestro lagu Banjar yang sudah melegenda dan namanya sudah terkenal di seantero Kalimantan.

Selain telah berhasil membuat lagu Paris Barantai, seniman ini juga telah berhasil menciptakan lagu kocak berikutnya yaitu Kambang Goyang.

Kambang Goyang telah diaransemen menjadi musik dengan pola lebih modern supaya kawula muda lebih tertarik untuk menghafalnya.

Ciri khas musiknya lebih menghentak dengan perpaduan alat musik kecapi yang menjadi alat musik khas Banjar. Ini dia liriknya:

Surui kambang,,,kambang malati

Pakaiakan di malam arba,,,

Kambang goyang di ujung galung

Pangantennya sudah batimung,,,

Ooo,,,,,ooo,,,,,

Waktu raja duduk basanding,,,

Kambang goyang di ujung galung,,,

Amas murni pakaian putri

Adat kawin urang bahari,,,

Ooo,,,,,ooo,,,,,

6. Lagu Dandaman Banua

Dandaman Banua adalah lagu Banjar yang berisi rasa rindu yang besar terhadap kampung halaman yang telah lama ditinggalkan.

Lagu yang sangat liris sehingga terkadang orang yang mendengarkan lagu ini akan meneteskan air mata jika memiliki pengalaman yang sama.

Lagu Dandaman Banua diciptakan oleh Syarifuddin, MS yang juga tergolong maestro seni dari Banjarmasin yang namanya sudah melegenda.

Sudah banyak karya yang dihasilkan sehingga menyejajarkan nama beliau dengan maestro lain sekelas Anang Ardiansyah. Ini liriknya:

Apa habar di wayahini

Kutup-kutupan rasa hatiku

Tarasa banar rasa karindangan

Salawas madam ka banua urang

Rasa tarista kalu tapisah

Banuaku nang basimbah intan

Taingat jua kampung halaman

Pasan habar wan urang banua

Itulah beberapa lagu Banjar yang paling terkenal dan layak dilestarikan oleh seluruh generasi bangsa Indonesia dengan cara mengajarkannya.

Hanya dengan cara ini lagu Banjar tidak akan hilang ditelan jaman di tengah maraknya eksodus musik-musik luar yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa.